Beberapa Hal Yang Di Butuhkan Dalam Membuat Website Bagi Pemula

Jan 03, 2018

Admin Tips dan Trik 0 Comments

Beberapa Hal Yang Di Butuhkan Dalam Membuat Website Bagi Pemula- Jika kamu ingin membuat website sendiri, tetapi tidak tahu hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk memulainya. Hal tersebut merupakan hal yang wajar bagi programer pemula atau bagi kamu yang baru belajar membuat website gratis secara otodidak. Biasanya kita kebingungan sendiri saat memulainya.


Banyak sebagian dari kita yang memang sudah mengenyam pendidikan di jurusan web programing ( Tehnik Informatika ) tetapi masih kebingungan didalam membuat sebuah website, walupun website tersebut merupakan website sederhanya yang tidak memerlukan database didalamnya. Hal ini sangat wajar karena di dunia pendidikan hanya diajarkan sintax-sintax dasar nya saja. Sehingga siswa hanya mampu menghafal sintaxnya saja, tanpa tahu bagaimana cara mengimplementasikan sintax tersebut menjadi sebuah website yang utuh.


Nah, bagi kamu yang masih kebingungan apa saja yang diperlukan didalam membuat website. Maka simak penjelasan dibawah ini :


Yang Di Butuhkan Dalam Membuat Website


  • Tekat yang kuat untuk belajar

          Mengapa hal yang dibutuhkan dalam membuat website, tekat yang kuat berada pada urutan pertama ?. Karena didalam membuat sebuah website pasti kita akan sering mengalami program yang error dan kita harus mempelajari bahasa web programing yang terbaru. Karena teknologi web programing selalu ada saja hal-hal yang baru, entah itu penambahan tag-tag yang baru ataupun versi bahasa pemograman yang terbaru. Jika kamu tidak memiliki tekat yang kuat untuk mempelajari itu semua. Maka dapat dipastikan kamu akan menyerah ditengah jalan.


  • Nama Domain

          Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. ( wikipedia.org ).


          Jadi nama domain bisa diibaratkan sebagai nama alamat website kamu. Pilihlah nama domain yang mudah diingat, dan usahakan nama domain tersebut relevan dengan tema atau topik website kamu.


  • Layanan Hosting

         

          Layanan web hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Jika dianalogikan, website adalah sebuah bangunan, maka hosting adalah sepetak tanah dan domain adalah alamat dari sepetak tanah tersebut. Sebuah hosting terdiri dari sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu hosting berbagi (Shared Hosting), hosting dedikasi (Dedicated Hosting), VPS (Virtual Private Server) dan server kolokasi (Colocation Server). ( wikipedia.org )


          Hosting dapat diibaratkan sebagai tempat untuk menyimpan file-file website kita ke server, sehingga dapa di akses secara online. Pilihlah perusahaan jasa layanan hosting yang mempunyai kredibilitas yang baik. Baik dari segi kecepatan layanannya, Customer servicenya dll. Jangan korbankan performa website kamu dengan layanan hosting yang murah tapi murahan. Tidak ada salahnya mengeluarkan budget agak besar untuk menggunakan perusahaan layanan hosting yang berkredibilitas baik.


  • Tools pembuat website

           Maksudnya adalah software pendukung dalam membuat website, misalnya membuat website dengan dreamweaver atau dengan text editor seperti NotePad ++, Sublime text, Atom dll. Software tersebut dapat mempermudah kita dalam membuat website.


  • Gunakan CMS ( Content Management System )

          Bagi kamu yang tidak mau pusing dengan bahasa pemograman untuk membuat website sendiri, maka biasa menggunakan CMS seperti membuat website denga Wordpress, Membuat website dengan Joomla ataupun bisa menggunakan Blogger.


  • Gunakan Framework

          Untuk mempermudah kamu dalam membuat website sendiri bisa menggunakan framework. Seperti membuat website dengan Bootstrap untuk framework CSS nya dan membuat website dengan Codeigniter untuk framework PHPnya.


           Framework adalah kerangka kerja yang berisi library-library dari bahasa pemograman tersebut.


Nah itulah Beberapa Hal Yang Di Butuhkan Dalam Membuat Website Bagi Pemula, semoga dapat dijadikan bahan pencerahan bagi programer pemula yang masih bingung untuk membuat website sendiri.


Dan bagi kamu yang tidak mau pusing dalam membuat website, bisa mnggunakan jasa sewawebsite.com. Yang merupakan jasa pembuatan website profesional.


tag : #membuat website sendiri, #membuat website gratis, #cara membuat website, #membuat website dengan dreamweaver, #mambuat website dengan bootstrap, #membuat website dengan codeigniter




Share :

Tentang Penulis: Admin


0 Komentar

Tinggalkan komentar