Pentingnya Mempunyai Toko Online Bagi UKM Kecil

Sep 29, 2017

Admin blog 0 Comments

Membuat toko online untuk bisnis kecil memiliki arti lebih dari sekedar mempunyai website sederhana yang memajang alamat dan nomor yang bisa dihubungi loh. Toko online akan menjadi versi virtual dari bisnis kamu, dengan website yang informatif dan dilengkapi dengan akun media sosial.

Sekarang ini, orang lebih banyak mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan secara online. Mengabaikan platform marketing potensial ini sama saja dengan menolak peluang mendapatkan pelanggan baru.

 

Alasan Pentingnya Toko Online Untuk Bisnis

Mulai dari bisnis kecil hingga perusahan besar akan mendapatkan banyak manfaat dari memiliki situs e-Commerce sendiri. Selain menjual produk fisik, e-Commerce juga bisa digunakan untuk menjual produk digital, layanan konsultasi, dan jasa lainnya, sehingga akan menjadi solusi yang fleksibel untuk bisnis apapun. Jadi bagaimana sebenarnya toko online bisa memberikan keuntungan bagi bisnis kecil kamu?

 

1. Mudah Diakses

Internet tidak pernah tidur, dan dengan toko online kamu jadi memiliki showroom virtual yang buka 24 jam. Dengan begitu, calon pembeli potensial bisa mengetahui lebih banyak tentang barang atau jasa yang kamu tawarkan diluar jam kerja, tanpa harus keluar rumah. Kalau kamu menjual barang, ini artinya customer bisa melakukan order kapanpun selama 24 jam penuh.

 

2. Membangun Brand

Pada intinya, membangun brand artinya adalah membangun kepercayaan customer potensial terhadap bisnis kamu. Hadir secara online bukan hanya mempermudah pelanggan mengakses produk atau jasa yang kamu tawarkan, tapi juga membuat mereka bisa melihat reputasi bisnis kamu.

Review online, interaksi dengan customer lain, serta frekuensi dan kualitas post kamu akan membantu untuk membentuk kesan positif bagi bisnis kamu di mata calon pembeli potensial sebelum mereka melakukan pembelian.

 

3. Jangkauan yang Lebih Luas

Internet mencakup area yang jauh lebih luas daripada toko atau kantor biasa, yang biasanya hanya melingkupi area seluas beberapa kilometer. Kehadiran toko online kamu bisa dilihat oleh siapapun dan darimanapun.

Tergantung dari industri dan produk yang ditawarkan, hal ini bisa membuka peluang untuk menjaring basis pelanggan yang lebih luas dibandingkan dengan interaksi langsung.

 

4. Review

Banyak orang yang melihat review sebagai pedang bermata dua saat menjalankan bisnis online, karena selalu ada kemungkinan akan ada yang memberikan review negatif. Tapi kalau kamu menjalankan bisnis secara jujur dan selalu memperlakukan pelanggan dengan baik, kejadian ini mungkin nyaris tidak akan terjadi, dan akan jauh terlampaui oleh review luar biasa yang diberikan oleh pelanggan yang merasa puas.

Calon pembeli potensial sering mengecek review sebuah perusahaan atau produk sebelum menggunakannya, jadi dorong pelanggan yang merasa puas untuk meninggalkan review di situs rating seperti Yelp atau Google Places.

 

5. Penjualan dan Marketing yang Lebih Mudah

Fakta marketing menunjukkan kalau orang itu senang membeli tapi tidak suka kalau ditawarkan barang. Tulisan yang baik mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan di toko online akan membuat customer membeli dengan perasaan santai dan dengan informasi yang cukup, dibandingkan dengan merasa tertekan karena ditawari barang oleh salesman.

Mempromosikan bisnis kamu juga jadi lebih mudah, menjangkau lebih luas, dan akan lebih efektif dari segi biaya dibandingkan dengan marketing secara tradisional yang perlu biaya untuk mencetak brosur, spanduk, dan sebagainya.

 

Toko online memberikan bisnis kecil suatu kesempatan besar untuk menawarkan kenyamanan pembelian selama 24 jam penuh bagi customer. Strategi toko online yang melibatkan customer service yang baik serta akun media sosial yang aktif dan dinamis akan menghasilkan traffic dan tingkat penjualan yang lebih tinggi.

Share :

Tentang Penulis: Admin


0 Komentar

Tinggalkan komentar